Home > Lomba, Sastra > Fabel : Mbah Guugle Sakti Mandraguna

Fabel : Mbah Guugle Sakti Mandraguna


Alkisah di sebuah negari binatang di negeri antah brantah yang dipimpin oleh Baginda Harimau yang bijaksana, Hiduplah seorang tua yang sakti mandraguna Mbah “Guugle” namanya. Saking saktinya dan terkenalnya di seluruh antero negeri,  Baginda harimau sangat penasaran dengan Mbah Guugle ini.

Suatu ketika beliau berniat mengundang Mbah Guugle ke Istananya. Beliau ingin sekali mengetahui kesaktian Mbah Guugle yang telah banyak dibicarakan oleh orang-orang itu. Disuruhlah utusannya Si Kodok untuk menemui Mbah Guugle.

Jarak pondok Mbah Guugle lumayan jauh dari Istana Baginda. Kira-kira sekitar 1 hari perjalanan dan melewati bukit serta sungai berkali-kali. Suatu ketika si utusan Baginda, Si kodok bertemu dengan Si Kura-kura, Si Kodok heran, Kenapa Si kura-kura bisa berjalan Cepat.

Lalu Si kodok Bertanya, “Hai Kura-Kura, kenapa kamu bisa berjalan cepat sekali? ”

Si kura-Kura Menjawab, “Berkat Mbah Guugle, dok”

Sambil terheran-heran lalu si Kodok berjalan kembali meneruskan perjalanannya. Dan tak lama kemudian di pinggir sungai dia bertemu dengan Si Kucing. Si Kucing sedang sibuk berenang dengan helm aneh di kepalanya. Dia mencoba menangkap ikan yang ada di sungai tersebut. terheran-heranlah kembali si Kodok sekarang.

“Loh kucing, kenapa kamu bisa berenang?, kok kamu tidak takut air sih?” Tanya Kodok penasaran.

“Berkat Mbah Guugle, dok”, jawab kucing.

Semakin penasaran akan kesaktian Mbah Guugle si Kodok lantas dengan semangat terus melompat meneruskan perjalanan. Dan akhirnya dia tiba di sebuah pondok kecil sederhana. Di sampingnya ada pohon beringin tua yang menutupi pondok tersebut. Tamannya yang asri, dengan air yang menyemprot sendiri dari sebuah alat yang entah itu apa namanya membuat si Kodok semakin yakin bahwa dia telah sampai di Pondok Mbah Guugle.

Kodok lalu mengetuk pintu pondok tersebut,

“Tok, tok, tok, permisi Mbah Guugle Ada?”

Belum ada sahutan, lalu si kodok mengetuk pintu lagi, “tok, tok, tok, permisi ada orang?” Krieeeeekkk (bunyi suara pintu dibuka)

“Iya ada apa, ada yang bisa saya bantu”, sahut Mbah Guugle.

Si kodok kaget karena ternyata Mbah guugle yang sakti mandraguna itu adalah seekor burung hantu, tidak besar dan garang seperti yang ada dipikiran si kodok. “benar anda Mbah Guugle, burung hantu?” tanya si kodok dengan heran.

“Iya saya sendiri, anda siapa ya?darimana?, kelihatannya anda lelah, mari masuk dulu” ajak Mbah Guugle.

“Oh iya, terimakasih”, sahut Si kodok. lalu si Kodok menceritakan perihal kedatangannya ke pondok Mbah Guugle. Menyampaikan undangan Baginda Harimau untuknya. Dan mulai bercerita tentang perjalanannya yang bertemu dengan Si Kura-kura dan Si kucing.

“Saya Heran Mbah, kenapa anda dijuluki seorang yang Sakti Mandraguna oleh orang-orang, padahal anda kelihatan lemah dan sudah tua sekali? dan saya heran juga kenapa sikura-kura itu bisa berjalan cepat dan si kucing bisa berenang yah?” tanya si kodok heran.

“Ha ha ha ha ha ha ha ha”, Mbah guugle tertawa tiada hentinya mendengar perkataan si kodok.

Lalu Mbah Guugle menjelaskan dan menceritakan bahwa si kura-kura yang ditemui si kodok itu mengeluh kepadanya bahwa dia ingin berjalan cepat agar tugasnya mencari makan bisa cepat selesai sebelum petang. Maka saya beri dia alat rooler coaster di tempurung bawahnya. Saya modifikasi sehingga si kura-kura bisa berjalan cepat.
‘Lalu bagaimana dengan si kucing yang bisa berenang itu Mbah?”, tanya si kodok lagi.

“Yah itu gampanglah, saya kasih aja dia alat selam yang saya buat sendiri dari akuarium bekas ikan dan ditambah modifikasi selang, sehingga dia masih bisa bernafas didalam air, begitu dok”. ada lagi yang mau ditanyakan”? sahut Mbah Guugle.

“loh Mbah, kok bisa tahu alat-alat yang seperti itu?”

“Kan Mbah belajar terus dok, mencari referensid dari buku, dan searching atau mencari-cari di internet terutama di browser Guugle. Karena itulah Mbah dijulukin Mbah Guugle. Karena terlalu seringnya Mbah membaca disana”.

“Kamu bisa pandai dan sakti juga kok dok seperti saya. Sakti itu tidak hanya dilihat dari fisik saja, namun dari pikiran juga. Jadi sering seringlah membaca dan mencari ilmu di internet, jangan hanya main game dan maen facebook atau twitter aja dok…” Ujar Mbah Guugle.

“Iya Mbah, mulai sekarang saya akan belajar dan mencari ilmu di mana saja biar bisa Sakti Mandraguna kayak Mbah Guugle.” sahut Si kodok

Dan akhirnya mereka melanjutkan cerita, bercerita dari sini kesana, dari ujung yang satu ke yang lainnya. Mereka kelihatan akrab sekali. Si kodok membawa Mbah Guugle beserta dengannya keesokan harinya menuju ke istana Baginda Harimau. Dan tak lama setelah itu, Mbah Guugle dinobatkan oleh Baginda Harimau sebagai orang bijak dan pandai di seantero negeri dan diberi kebanggaan menerima gelar Perdana Menteri Ilmu, yang bertugas membagikan ilmu keseluruh pelosok negeri antah berantah.

Advertisements
  1. March 25, 2011 at 15:19

    Saya juga sering konsultasi ke Mbah Guugel

    • March 25, 2011 at 16:10

      hahaha, mas didik konsultasi apa nih? lam kenal mas ^_^v

  2. MT
    March 29, 2011 at 20:49

    bisa aja nih ceritanya. keren!

  3. March 30, 2011 at 21:43

    blogwalking juga ^_^, ceritanya bagus. sangat mendidik. d’_’b

    • March 31, 2011 at 08:40

      hohoho, terengkyu terengkyu…..jadi semnagad nulis kalo gini hehe ^_^v

  4. March 31, 2011 at 18:42

    wah, bagi saya mbah guugle itu masih om-om.. 😀
    * bagus idenya.. sukses ya..

    • March 31, 2011 at 18:57

      waaah kalo mb’ dee manggil om guugle, berarti saya manggil mb’ dee tante donk hahahhaa….makasih da berkunjung 😀

  5. March 31, 2011 at 19:18

    si kodok meloncat pagar, hehehe….. sip mbah…..

    • March 31, 2011 at 19:34

      oy oy, ada kuro lemot hahaha, g’ sabar nunggu pengumuman nih 😀

  6. March 31, 2011 at 20:05

    hahahaha…
    kirain mbah guugle nya yg burung hantu ternyata oh ternyata dipanggil mbah guugle krn sering googling ya.. sip..sip..sip… ^^

    salam kenal

    • March 31, 2011 at 20:43

      hehehe, yah begitulah…..^_^ makasih dah berkunju7ng zasachi

  7. April 1, 2011 at 09:20

    Cerita yang Mbah Guugle ni lucu dh 🙂

    • April 1, 2011 at 09:31

      yup makasih mb’ eliana, hehehe, iseng-iseg nulis ini mb’, lam kenal yah ^_^v

  8. April 1, 2011 at 11:32

    Kalo mbah perdana mentri guugle bisa pinter karena guugle, siapa yau juga cerita ini bisa menang lomba…:D

    Kepp writing Mas bro..:D

    • April 1, 2011 at 16:42

      hehe ^_^> itu kalo presiden kita pinter semua kayak p.habibie mb’ hehehe

  9. Orin
    April 1, 2011 at 11:35

    Ugh…mbah Guugle memang top markotop ya 🙂

    • April 1, 2011 at 16:43

      penolong mencari referensi ini mbg guugle mb’ Orin hehehe

  10. April 2, 2011 at 12:20

    ceritanya kreatif.. 😀
    makasih 🙂

    • April 2, 2011 at 17:09

      makasih mas, lagi berkunjung penjurian mas hehehe, lam kenal ^_^

  11. April 4, 2011 at 11:58

    apalagi saya kalo download macem2 nanya sama si embah 😀

    • April 4, 2011 at 12:13

      iya mb’ hehe, mbah ini emang super, tapi gunaninya harus yg postifi, makasih dah mampir 😀

  1. April 3, 2011 at 19:24
  2. April 23, 2011 at 07:16

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s