Home > Artikel Kesehatan, Technoscience > Iradiasi Penyelamat Bahan Pangan

Iradiasi Penyelamat Bahan Pangan


Beberapa hari ini kita dihebohkan dengan kasus bocornya radiasi nuklir di Jepang.  Banyak sekali korban jiwa dalam peristiwa itu. Lah trus kalo radiasi bisa membahayakan, lalu mengapa Iradiasi bisa menjadi penyelamat bahan pangan??

Dikutip dari FoodReview edisi juli 2009

Iradiasi pangan adalah metode penyinaran terhadap pangan baik dengan menggunakan zat radioaktif maupun akselerator untuk mencegah terjadinya pembusukan dan kerusakan pangan serta membebaskan dari jasad renik patogen. Iradiasi pangan merupakan proses yang aman dan telah disetujui oleh lebih kurang 50 negara di dunia dan telah diterapkan secara komersial selama puluhan tahun di USA, Jepang dan beberapa negara Eropa.Proses iradiasi dilaksanakan dengan melewatkan/ pemaparan pangan (baik yang dikemas maupun curah) pada radiasi ionisasi dalam jumlah dan waktu yang terkontrol untuk mencapai tujuan yang diinginkan (akan dijelaskan di bawah). Di samping untuk alasan keamanan pangan, iradiasi juga dapat dimanfaatkan untuk menunda pematangan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran dengan perubahan proses fisiologi jaringan tanaman serta untuk menghambat pertunasan dari umbi-umbian. Proses ini tidak akan meningkatkan tingkat radioaktivitas pangan. Gelombang energi yang dilepas selama proses dapat mencegah pembelahan mikroorganisme penyebab pembusukan pangan seperti bakteri dan jamur melalui perubahan struktur molekul.

Jadi dari uraian di atas jelas bahwa dengan melakukan iradiasi pangan dapat menyelamatkan bahan pangan dari kebusukan, pematangan, mematikan bakteri dan jamur yang menyebabkan pembusukan dan mampu memberikan umur simpan yang lebih lama pada bahan pangan.

So, ngak semua radiasi itu berbahaya, jadi bisa tenang kan kita sekarang kawan-kawan ^_^b.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s