Hati-Hati Berita HOAX


Sering sekali khan kita mendengar berita-berita yang menghebohkan, baik lewat facebook, twitter, maupun sekarang yang sering adalah lewat pesan BBM. Perlu berhati-hati kawan-kawan, jangan asal percaya dengan berita-berita tersebut. Semisal saya beri contoh berita yang lagi hot sekarang, tentang magnum yang berbahan baku lemak babi. Tuh khan, ketika membaca berita ini kita menjadi bimbang dan bertanya-tanya. Benar enggak ya? Daripada bingung mikirin yang tidak jelas seperti itu, penulis coba share mengenai ciri-ciri berita yang termasuk hoax.

Ciri-cirinya menurut penulis (jangan digeneralisasi loh ya, cuman dari pendapat penulis aja) :

1. Biasanya tulisan tidak bersumber jelas. Kalau sudah parah kayak gini jangan dipercaya lagi kawan-kawan. Tidak berlandasan ilmiah jika kita percaya berita tanpa sumber.

2. Mengandung SARA yang disengaja, jadi jangan mudah terpancing isu-isu yang tidak jelas dan membesar-besarkan SARA. Tetaplah berpikiran logis.

3. Lihatlah berita dari sisi pro dan kontra (coverboardside kalo dalam pengertian jurnalistik) artinya kita harus bisa bersudut pandang dari dua sisi, sisi pro dan kontra.

4. Intinya jangan mudah percaya, ada bukti bereati kecil kemungkinan berita itu HOAX.

Yup. semoga bisa bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan mempercayai sebuah berita yang kita dapat. ^_^v

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. April 14, 2011 at 18:40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s