Home > Artikel Bebas, Artikel Kesehatan, KaskusHolic, Technoscience, Tips Trik Seru > Kluwek, Hitam dan Hanya Indonesia

Kluwek, Hitam dan Hanya Indonesia


Pernah dengar kluwek kawan-kawan. Itu tuh salah satu bumbu masakan dan merupakan bumbu utama dalam pembuatan rawon. Tanpa bumbu yang satu ini, bukan rawon namanya hehehe…Yuk simak lebih jauh mengenai kluwek.

kluwek adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah). Kluwek ini sali Indonesia punya, kalaupun ditemukan di luar negeri itu berarti sudah merupakan bahan ekspor kita ke sana. Pernah ada cerita dari kawan saya di Sulawesi, ketika dia menemukan sebuah warung dan ternyata di sana ada Menu Nasi Rawon. Dia heran dan akhirnya bertanya kepada penjualnya. “Pak, ini pake’ kluwek khan, dapat darimana pak?” Tanya teman saya.

“hahaha, masnya kok tahu, iya mas ini dapat dari Jawa langsung, nunggu 2 bulan sekali baru dikirim mas.”

Tuh khan, di Indonesia aja sebagian besar kluwek hanya di temukan di pulau jawa. Dan untuk luar Pulau mereka harus memesannya terlebih dahulu.

Beberapa Manfaat Kluwek selain sebagai bumbu masakan :

Biji keluwek dapat dibuat minyak sebagai pengganti minyak kelapa. Kluwek bisa digunakan sebagai pengawet ikan: untuk 50 kg tangkapan ikan, digunakan 1 kg biji kluwek yang telah dicacah dan dicampur garam sebanyak 1 kg, campuran dilumurkan pada hasil tangkapan, dan disimpan dalam ember plastik tertutup. Asam sianida biji kluwak akan mengawetkan ikan selama 6 hari, setiap hari dibuka selama 5 menit untuk menguapkan sianidanya.

Sedangkan untuk Kandungan Kimia Buah/biji kluwek :

Vitamin C, Ion besi, Betakaroten, Asam sianida (sifatnya beracun, mudah menguap pada suhu 26 derajat Celcius, bila terhirup binatang ternak dapat mengakibatkan kematian, aman untuk pengawetan ikan), Asam asam hidnokarpat, Asam khaulmograt, Asam glorat, Tanin (sebagai pengawet ikan).

beberapa dikutip dari : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5517149

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. April 14, 2011 at 18:40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s