Home > Artikel Bebas, Keajaiban Dunia, Technoscience > Indonesia Harus Punya Daun Buatan

Indonesia Harus Punya Daun Buatan


Yup ketemu lagi kawan-kawan hehehe,

Kali ini kita akan membahas penemuan terbaru Para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mereka berhasil menciptakan daun buatan yang bisa menyerap energi surya dan menghasilkan listrik. Penasaran yuk di simak ^_^

Dikutip dari detik-net daun buatan ini merupakan yang pertama di dunia yang bisa bermanfaat besar, para penciptanya mendeskripsikan temuan ini sebagai sel surya seukuran kartu remi yang meniru proses fotosintesis pada tumbuhan.

Daun buatan yang praktis ini telah menjadi penemuan ‘besar’ dalam bidang sains yang bertujuan untuk membuat setiap rumah memiliki pembangkit listrik sendiri. Dengan hanya ditempatkan dalam satu galon air di bawah matahari yang bersinar cerah, daun buatan bisa memasok listrik untuk sebuah rumah sederhana selama satu hari.

Dikutip detikINET dari Giz Mag, Selasa (29/3/2011), daun ini bekerja dengan memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen, kemudian menyimpannya dalam tangki bahan bakar sel yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

Penemuan ini  dibuat dari bahan yang murah dan banyak tersedia, yakni berbasis katalis generasi baru yang terbuat dari nikel dan kobalt. Bahan ini sangat efisien memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen serta bekerja pada kondisi yang sederhana dan sangat stabil. Penemuan ini diklaim 10 kali lebih efisien melakukan proses fotosintesis ketimbang daun sungguhan.

Hemm dengan konsep seperti itu, sepertinya Indonesia harus memulai mengembangkan penelitian tentang ini. Daripada meributkan membangun PLTN yang berbahay. Penemuan ini lebih ramah lingkungan untuk memasuk tambahan listrik di Indonesia agar tidak selalu terjadi pemadaman bergilir. ^_^

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. April 14, 2011 at 18:40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s