Home > Artikel Bebas, Budaya, Peristiwa > Gobak Sodor, Mainan Yang Bikin Rindu

Gobak Sodor, Mainan Yang Bikin Rindu


Pernah dengar permainan Gobak sodor kawan-kawan. Waktu penulis masih SD yah mainannya kayak gini hehe ^_^. Sangat populer dulu loh. Mengalahkan yang namanya PS dan komputer (loh emang dulu udah ada yah –‘ xixiixx). Yup ini merupakan permainan berkelompok yang dimainkan 6-10 orang. tergantung luas lapangan dan area permainan yang diinginkan. Penasaran, atau ingin flashback dengan permainan yang satu ini. Yuk dilihat

Permainan ini mengandalkan kerjasama tim yang baik. Dikutip sedikit dari wikipedia, Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan ini teriri dari 2 kelompok. Anggota kelompok yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota kelompok yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota kelompok yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.

Yang lucu adalah ketika dulu pas jaman penulis sering main ini. ada hukuman untuk kelompok yang kalah kawan-kawan. Kelompok tersebut harus menggendong kelompok yang menang dari ujung lapangan ke ujung lapangan yang lainnya. Bayangkan beratnya bukan main menggendong kawan-kawan dulu hehehe. ^_^ Tapi seru kok, bisa main rame-rame, dan bisa bikin kita rindu untuk kembali ke masa-masa itu. Masa-masa yang masih sedikit beban hidup dan masih banyak waktu tuk bermain ^_^.

Tetapi dibalik semua itu ternyata permainan ini mengajarkan kita tentang bagaimana bekerja sama dalam kelompok, bagaimana mengatur strategi agar menang dan bermain fair play.

Advertisements
  1. April 3, 2011 at 07:37

    Bener-bener-bener … jadi keingetan dengan masa lalu yang endah beneeer!
    Oh iya, insya Allah meski blog ini baru berusia 1 bulan namun postingan sudah mencapai 40 buah maka diperbolehkan untuk mengikuti Kuis Cerpelai Persahabatan.

    • April 3, 2011 at 18:17

      waah beneran bang aswi eheheh, oke dah langsung ke TKP dan bikin ^_^, makasih bang aswi…..aku iji naruh linknya bang aswi di blog yah, tau aja ntar ada lomba2 lagi hehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s