Home > Artikel Bebas, Peristiwa, Unik dan Lucu > Unik : Tambal Ban Arang ala Probolinggo

Unik : Tambal Ban Arang ala Probolinggo


tambal ban arang probolinggoHabis pulang kampung ke rumah eh sial ban sepeda motor bocor. Terpaksa harus nyari tambal ban. Muter-muter kota Probolinggo, sambil lirik kiri lirik kanan, takut-takut ada ulat bulu menclok tiba-tiba ^_^v. Dan walhasil menemukan tempat tambal ban. Tempatnya sih biasa aja kawan-kawan. Sama seperti kebanyakan tempat tambal ban yang laennya. Lah trus uniknya di mana. Yuk simak…

Mulailah si bapak tukang tambal mengeluarkan peralatannya. Ada seember arang dan sebuah alat pengepres ban. Yang aneh lagi ada alat seperti hairdryer tapi modifikasi sendiri. Hebat bener nih bapak. keratif pisan euy…..

tambal ban arang probolinggo2  tambal ban arang probolinggo3tambal ban arang probolinggo4

Menunggu dan menunggu, pertama si bapak mencari paku yang menancap di ban. yup ketemu satu buah paku kecil. Trus ambil alat pengepres dan memeriksa lubang di ban dengan memasukkannya ke dalam ember berisi air. Tanda jika ban berlubang adalah keluar gelembung-gelembung udara dari ban. Yup ketemu tuh lubang, lalu di tembel dengan karet dan diberi perekat lalu dipress dan dipanaskan dengan ARANG.

Arang hehehe, aneh dan unik toh. Padahal sebagian besar tukang tambal memakai minyak tanah untuk memanaskan tapi ini malah pakai arang hehehe ^_^. setelah tanya ke bapaknya, Pak kok pakai arang?…bapaknya lalu menjawab “lebih murah dek dan hemat”…ooooohhh gitu toh…

Yang unik lagi adalah hairdryer modifikasi bapak itu. Hanya terbuat dari kaleng yang dimodifikasi dan dilas lalu didalamnya diberi kipas semacam blower sehingga bisa mengalirkan udara. Berfungsi agar arang yang digunakan cepat membara dan proses pengepressan ban bisa lebih cepat.

Hohoho…unik toh ayoo jalan-jalan ke probolinggo sekalian tambal ban hehehe ^_^v. Nih ada beberapa kenang-kenangan foto-foto moment indah di bengkel tambal ban hehe ^_^b.

Tambal ban arang

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s