Home > Artikel Bebas, Budaya, Peristiwa > Google Hari Ini | 160th Anniversary Of The First World’s Fair

Google Hari Ini | 160th Anniversary Of The First World’s Fair


160th Anniversary Of The First World's FairHari ini google sedang merayakan peringatan 160th world expo. World Expo dulu dikenal sebagai World Fair, adalah berbagai pameran publik besar yang diadakan di beberapa tempat di dunia. Pameran ini sejatinya berasal dari pameran nasional Prancis, tradisi yang kemudian memuncak pada Pameran Industri Prancis tahun 1844 yang diadakan di Paris. Setelah Prancis, acara ini segera diikuti oleh pameran-pameran nasional di benua Eropa dan pada akhirnya London menjadi pameran internasional pertama yang diadakan pada 1 Mei 1851 dengan tema “Pameran Akbar Karya Industri Semua Bangsa”.

Sampai sekarang World Fair dinamakan World Expo sebagai kependekan dari Exposition dengan paviliun-paviliun tiap negara dan organisasi sebagai atraksi utama mereka. Disini, Negara-negara yang berpartisipasi memamerkan segala nilai nasional dan proposisi dalam beberapa aspek elemen masyarakat seperti seni, desain pendidikan, hubungan internasional, pariwisata dan baru-baru ini difokuskan pada merek internasional dan perdagangan. Biasanya diadakan mulai dari 3 sampai 6 bulan, Pameran ini sekarang menjadi ajang terbesar di dunia setelah World Cup and Olympic.

Sejak tahun 1851 sampai sekarang, World Expo telah mengalami beberapa evolusi seiring berjalannya waktu. Era pertama dari tahun 1851 sampai tahun 1938, pameran di fokuskan pada perdagangan, khususnya pada penemuan-penemuan technology dan perkembangannya. World Fair adalah ajang dunia dimana sains dan pengetahuan dari seluruh dunia berkumpul. Setelah era industrialisasi, dari tahun 1933-1987 World Fair berkembang dengan membawa kebudayaan dan kemanusiaan sebagai isu utama. Inilah saatnya World Fair mulai dinamakan World Expo. Sejak tahun 1988 dan seterusnya, pavilion di World Expo menjadi kampaye untuk mempromosikan aset-aset nasional dan merk dagang. Kota-kota yang mengadakan Expo juga memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang promosi diri sebagai anggota penting dari komunitas global.

Pada saat ini, World expo masih merupakan ajang yang paling ditunggu oleh banyak negara untuk mempromosikan penemuan dan inovasi baru yang dapat membawa pembaruan dunia. World Expo juga merupakan media fisik dari pertukaran budaya dan promosi dan lebih utamanya sebagai pengenalan citra kota, wilayah dan bangsa yang merupakan bagian dari kampaye promosi dari masing-masing negara.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. May 4, 2011 at 08:27

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s