Home > Artikel Bebas, Peristiwa > Geronimo EKIA (Enemy Killed in Action)! | Osama Bin Laden

Geronimo EKIA (Enemy Killed in Action)! | Osama Bin Laden


osama bin laden sekilas riwayat hidupGERONIMO EKIA!!. Dalam operasi militer yang digelar Amerika Serikat (AS), ada kode khusus untuk menyebut pimpinan Al Qaeda Osama bin Laden, yakni Geronimo. Mengapa nama tersebut dipilih dan apa yang melatarbelakanginya? yuk kita lihat sekilas

Geronimo adalah tokoh Indian yang dikenal saat zaman perjuangan kemerdekaan AS. Dia lahir dengan nama Goyahkla dan merupakan pahlawan abad ke-19 dan dijuluki Apache Geronimo oleh tentara Mexico. Namun Geronimo menyatakan dirinya musuh negara setelah pembunuhan keluarganya oleh pasukan Mexico.

Setelah meluncurkan serangan di wilayah barat daya, Geronimo menjadi legendaris karena kemampuannya menghindari pasukan Amerika dan Mexico selama hampir 3 dekade yang membuat ia menjadi salah satu musuh terbesar Amerika. Namun akhirnya ia berhasil ditangkap pada tahun 1886 dan meninggal di tahanan pada tahun 1909.

Sejak kematiannya, warisan panglima perang Apache telah ditingkatkan dari gerilya nakal hingga pejuang kemerdekaan, sehingga terlihat perbandingan antara ikon asli Amerika dan terorisme yang paling dibenci. Banyak komentar yang terlontar, termasuk dalam halaman TIME’s facebook.

Dikutip dari detik :

“Amerika menganggap Geronimo seorang teroris. Perbedaan nyata antara seorang teroris dan seorang pejuang kebebasan adalah dari sisi mana ia bertempur”, kata seorang pembaca.

Namun sayangnya, sampai sejauh ini alasan tersebut masih sebatas spekulasi. Belum ada yang bisa membuktikan kebenaran dari kabar tersebut. Meski begitu, salah seorang anggota suku Apache yang masih tersisa memprotes penggunaan julukan tersebut. Geronimo adalah seorang pahlawan, bukan teroris.

“Itu menghina dan menyakitkan,” ujar Vernon Petago, seorang anggota suku Jicarillia Apache di New Mexico. “Apa yang mereka pikirkan? Mereka menggunakan nama pemimpin Apache yang terhormat kepada teroris paling dikecam di dunia.” ucapnya.

Pimpinan Al Qaeda, Osama bin Laden, tewas ditembak dalam operasi militer gabungan Amerika Serikat (AS). Dalam operasi militer itu, Osama mendapat kode nama ‘Geronimo‘. Ketika dia dinyatakan tewas, terdengar suara, “Geronimo EKIA (Enemy Killed in Action)!”

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s