Home > Artikel Kesehatan, Tips Trik Seru > Stres Dikala Mendekati Ujian, MAKAN INI !!

Stres Dikala Mendekati Ujian, MAKAN INI !!


Makanan SehatMasa ujian dan ulangan dengan jadwal yang padat dan materi pelajaran yang banyak membuat kawan-kawan cepat stres. Tidak cukup hanya rajin belajar, olahraga dan tidur serta istrahat. Makan makanan bernutrisi tinggi juga bisa mencegah stres sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi.

Dilansir oleh healthmeup, berikut beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi stres dikala mendekati ujian.

Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan sumber folat yang bisa mengurangi tingkat hormon stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan 3000 miligram vitamin C, bisa menjaga tekanan darah dan tingkat cortisol kembali normal.

Bayam
Bayam kaya akan zat besi, vitamin A dan kalsium. Membantu tubuh mengkonversi kolin atau asam amino yang bisa membantu dalam memori dan proses belajar. Juga berkhasiat mengurangi stres dan kecemasan saat ujian.

Air
Pastikan untuk meminum air 6 – 8 gelas per hari, sebab minum banyak air bisa mengurangi dehidrasi yang berkaitan dengan melambatnya aktivitas otak, kurang fokus, masalah pencernaan, dan sembelit.

Susu
Segelas susu per hari merupakan keharusan bagi anak – anak untuk mendapat kandungan kalsium yang diperlukan tubuh untuk menghindari stres. Bisa membantu membangun masa tulang, fisik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta memelihara fungsi otak menjadi lebih fokus.

Protein
Protein merupakan rantai asam amino yang berfungsi sebagai blok pembangun untuk otak dan sistem saraf . Berfungsi untuk perbaikan sel-sel otak dan pasokan energi bagi kewaspadaan serta daya ingat. Sumber protein bisa didapat pada tahu, kacang, daging, ayam dan produk susu rendah lemak. Hindari lemak daging babi dan sapi, karena mengandung lemak jenuh yang bisa memicu kelelahan mental.

Sereal
Satu mangkuk sereal baik untuk mengawali hari menjelang ujian. Pasalnya, karbohidrat pada sereal bisa memberikan energi sepanjang hari serta bisa membantu anak tetap enerjik. Pilihlah sereal yang rendah gula dan kaya serat, vitamin dan mineral.

Advertisements
  1. May 17, 2011 at 20:49

    Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Anyway I’ll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s