Home > Artikel Kesehatan, Kuliner Seru > Si Kenikir Penguat Tulang

Si Kenikir Penguat Tulang


kenikir si penguat tulangKalau rumah kita di desa atau suka dengan masakan tradisional pasti tahu yang namanya lalapan kenikir kan? Kenikir atau Ulam Raja (Cosmos caudatus Kunth.) dipercaya berasal dari Amerika Latin. Tanaman ini menyebar ke Florida, Amerika Serikat, serta ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Daun Kenikir memiliki bau yang khas dan sangat menyengat. Meski demikian, ada pula yang menggunakan daun ini untuk dijadikan lalapan. Kenikir juga dipakai sebagai obat dalam pengobatan tradisional.Kenikir merupakan tanaman perdu yang tingginya maksimal mencapai 100cm. Kenikir mempunyai bunga berwarna kuning yang terletak diujung batangnya. Ada juga jenis kenikir yang bunganya berwarna ungu. Daunnya berwarna hijau. berukuran sekitar 15 – 25 cm dengan tepi yang khas, yaitu berbagi menyirip.

Kandungan:
Daun:
– saponin
– flavonoida polifenol
– minyak atsiri

Akar:
– hidroksieugenol
– koniferil alkohol

Khasiat:

Secara tradisional dan belum dilakukan penelitian khusus, Kenikir dipercaya dapat menjadi obat sakit lambung, penguat tulang, dan penambah nafsu makan.

Kegunaan Kenikir

Di Negara Malaysia kenikir ini sangat diminati karena di percaya sebagai obat tradisional yang banyak khasiatnya. Kenikir ini ternyata mempunyai banyak kegunaan diantaranya adalah untuk memperbaiki sirkulasi atau peredaran darah, pencegah penuaan dini, penambah nafsu makan dan penguat tulang karena kandungan kalsium yang tinggi, serta bisa menghilangkan bau napas yang kurang sedap. Bau tanaman yang spesifik ini juga bisa digunakan sebagai pengusir serangga.

Seorang peneliti dari Perguruan Tinggi di Malaysia melalui penelitian in viro, membuktikan bahwa ekstrak daun kenikir terbukti berhasil membunuh berbagai jenis kuman dan jamur penyebab penyakit. Diantaranya kuman yang menyebabkan penyakit pada saluran cerna. Dan dapat juga digunakan sebagai salah satu alternatif obat pencegah infeksi kuman.

Tinggi Antioksidan

Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Juga ada protein, lemak, karbohidrat dan kalsium. Yang sangat menakjubkan adalah kenikir terbukti mempunyai khasiat dan daya antioksidan yang sangat tinggi.

Sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa tanaman ini mempunyai daya antioksidan ekivalen dengan daya antioksidan 2400 mg vitamin C per 100 gram bahan segar yang diteliti. Selain itu kandungan senyawa antioksidan kenikir, ditemukan 4 senyawa kuersetin yang memang menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat, yang dibandungkan dengan senyawa antioksidan standar, yaitu tokoferol (Vitamin E).

Cara Mengoptimalkan Manfaat Kenikir

Untuk mengoptimalkan manfaat kenikir cukup dengan mengkonsumsi sejumlah lebih kurang satu gengam daun kenikir mentah atau yang sudah dikukus sebagai sayur setiap hari.

Manfaat itu akan mejadi berlipat ganda, apabila kenikir dikonsumsi bersama sayur lain yang kaya antioksidan, yaitu daun kemangi, daun katu dan daun beluntas.

Caranya mudah saja, yaitu masing-masing satu genggam sayur yang segar dicuci bersih, kukus sebentar untuk menghilangkan kotoran, kuman dan bahan kimia lain. Bubuhkan sambal pecel atau sambal urap buatan sendiri (tanpa pengawet) secukupnya dan langsung dilahap.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s