Home > Artikel Kesehatan, Tips Trik Seru > 5 Alternatif Minuman Untuk Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

5 Alternatif Minuman Untuk Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh


5 alternatif minumanAda beberapa alternatif minuman untuk memenuhi asupan kebutuhan cairan tubuh kita. Kita semua tahu pentingnya mencukupi kadar air di dalam tubuh. Tubuh kita mengandung 50-60% air untuk melancarkan kerja berbagai organ tubuh. Selain itu, air juga memiliki andil dalam proses penurunan berat badan serta pemusnahan racun-racun. Namun, masih banyak orang yang merasa sulit meminum cukup cairan setiap hari. Alasannya bisa bermacam-macam; malas mengambil air, tidak suka rasa air putih yang hambar, bahkan lupa.

Umumnya, kita harus mengonsumsi minimal delapan gelas air sehari. Merasa sulit untuk memenuhinya? Mungkin karena kawan-kawan bosan dengan rasa air putih yang hambar. Sebenarnya, kawan-kawan tidak harus mengonsumsi air putih saja. Dikutip dari Times of India, ada lima alternatif minuman untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita.

1. Air Putih
Jika Anda memiliki maag atau masalah pencernaan lainnya, hindari minum air dingin karena akan membuatnya lebih parah. Minumlah air hangat atau dengan suhu ruangan. Pastikan air yang Anda minum berkualitas baik. Jika ingin menambah rasa segar, Anda bisa memberi perasan lemon.

2. Teh Herbal
Teh herbal biasanya tidak mengandung kafein, jadi cukup baik untuk memenuhi asupan cairan per harinya. Teh herbal seperti peppermint dan chamomile bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan. Selain teh herbal, Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau yang kaya antioksidan.

3. Jus Sayuran
Jus sayuran juga merupakan salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan manfaat serat dan mineral dari sayuran. Pilihan sayuran bisa berupa seledri, ketimun, parsley atau brokoli. Wortel juga baik dijadikan jus, hanya rasanya cenderung manis, jadi jangan konsumsi berlebihan. Jika tidak suka rasa atau bau sayuran, Anda bisa mengombinasikannya dengan buah-buahan.

4. Smoothie
Minuman yang satu ini merupakan pilihan cocok untuk mencukupi kebutuhan air. Tidak hanya itu, smoothie juga bisa menjadi pengganti sarapan di pagi hari. Selain vitamin, cairan dan serat, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kalsium untuk kepadatan tulang. Kebanyakan orang biasanya membuat smoothie dengan cara mem-blender buah, es batu dan es krim. Namun jika Anda ingin menjaga berat badan, sebaiknya campurkan beberapa jenis buah dengan susu skim tanpa es batu.

5. Jus Buah
Umumnya, memakan buah lebih baik daripada meminumnya. Dalam bentuk cair, kandungan gula dalam jus buah akan lebih cepat terserap ke dalam aliran darah. Tapi bila ingin menjadikan jus buah sebagai pilihan untuk mencukupi cairan tubuh, sebaiknya perbanyak campuran airnya. Dan, pilih buah yang tidak mengandung banyak gula.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s