Home > Artikel Kesehatan, Tips Trik Seru > Menjaga Memori Otak

Menjaga Memori Otak


menjaga memori otakPenelitian menunjukkan bahwa kehilangan memori bisa dimulai sejak dini yaitu ketika berusia 20-an tahun. Karenanya orang harus berusaha untuk menjaga memori di otaknya agar tidak hilang. Memori merupakan hal yang penting karena menyimpan segala macam informasi. Berbagai hal akan dilakukan seseorang agar tetap bisa melindungi memorinya.

Ada 5 cara mudah yang bisa dilakukan untuk melindunginya dan mencegah seseorang mengalami kelupaan, seperti dikutip dari Foxnews, Senin (9/5/2011) yaitu:

Sarapan dengan karbohidrat
Melewatkan karbohidrat bisa membahayakan memori, karena sel-sel otak membutuhkan karbohidrat yang nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa sebagai energi. Pilihlah biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks lain yang lambat dicerna sehingga memberikan aliran glukosa yang konsisten.

Studi dari Tufts University menemukan orang yang menghilangkan karbohidrat dalam menu makanannya cenderung lebih buruk dalam melakukan tugas yang berhubungan dengan memori.

Melakukan olahraga sebelum beraktivitas
Olahraga akan meningkatkan aliran darah, membawa oksigen yang sangat dibutuhkan dan glukosa sebagai bahan bakar. Bahkan orang bisa belajar kosakata 20 persen lebih cepat jika dilakukan setelah melakukan latihan. Olahraga yang dilakukan tak perlu susah-susah, bisa dengan jalan santai, menari atau melakukan kickboxing ringan.

Melakukan pencarian web (web searching) saat makan siang
Studi dari University of California, Los Angeles menemukan menghabiskan waktu 1 jam sehari untuk mencari sesuatu yang menarik di internet (seperti mencari tempat liburan) bisa merangsang bagian dari lobus frontal yang mengontrol memori jangka pendek.

“Rangkaian saraf akan terlibat dalam keterampilan pengambilan keputusan, visual-spatial dan verbal akan menjadi sangat aktif ketika Anda melakukan pencarian di internet,” ujar Dr Gary Small, penulis studi tersebut.

Menggerakkan mata ke sekeliling
Ketika memarkir kendaraan atau turun dari angkutan, cobalah memperhatikan keadaan di sekitar dengan memindahkan pandangan mata dari satu sisi ke sisi lain selama 30 detik dari tempat berdiri. Berlatih gerakan mata sederhana ini bisa meningkatkan memori jangka panjang hingga 10 persen dan membantu mengingat bagian penting dari suatu informasi.

Membersihkan gigi sebelum tidur
Kebersihan gigi tidak hanya berdampak pada senyum yang indah tapi juga penting untuk memori. Jika gigi tidak dibersihkan maka gusi bisa meradang sehingga memudahkan bakteri jahat memasuki aliran darah. Nantinya bakteri ini bisa menyebabkan radang di seluruh tubuh termasuk otak yang menyebabkan gangguan kognitif.

Advertisements
  1. May 23, 2011 at 11:09

    izin copas dong

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s