Home > Artikel Bebas, Kuliner Seru > Kurma Jahe Segar, Primadona Kurma dari Al Ghat

Kurma Jahe Segar, Primadona Kurma dari Al Ghat


kurma jaheSalah satu tanda dimulainya bulan suci ramadan adalah adanya berbagai jenis kurma yang dijual di pasaran. Jenis dan asalnya sangat beragam. Dari Arab Saudi, Tunisia, Mesir hingga California.

Kurma menjadi sajian wajib saat berpuasa. Salah satu inovasi dalam penyajian kurma segar dimulai dari Arab Tengah. Kurma segar pilihan diisi beragam manisan dan kacang-kacangan sungguh menggiurkan. Dari puluhan koleksi kurma segar dan produk kurma lain di toko ini. Jenis kurma yang jadi favorit saya di antaranya Agwa, Madjool, Khidri, Bahri, Kholas, Sokari dan Mactoumi dan lain-lain.

Kurma Agwa yang disebut Holy Date atau kurma nabi merupakan kurma yang paling saya sukai. Bentuknya oval agak kecil, warnanya kehitaman dengan daging buah yang lembut agak kering seperti kismis. Tanpa rasa manis berlebih. Berbeda dengan Kholas yang berwarna cokelat muda dengan rasa manis karamel yang enak.

Yang menarik justru kurma Wanan, kurma ini gendut mirip medjool hanya saja lebih kecil. Berwarna cokelat tua, bentuknya oval runcing mirip tanduk. Kulitnya ‘keriting’ dengan daging buah tebal, lembut dan manis alami. Khusus ramadan kali ini kurma Wanan ditampilkan dengan isian manisan jahe. Kurma dibelah dan diisi sepotong manisan jahe.

Kurma dengan jahe? Hmm… mengapa tidak? Rasanya ternyata sangat unik. Ada aksen pedas manis manisan jahe yang beradu dengan legit kurma. Saat dikunyah, barulah terasa hangat di mulut hingga tenggorokan. Wah, kurma ini jelas bisa menangkal perut kembung, masuk angin atau kedinginan saat berpuasa. Sebuah paduan alami, khasiat jahe dan kurma yang top!

Selain dengan manisan jahe, isian lain yang diselipkan diselipkan adalah manisan kulit jeruk manis dan jeruk lemon. Pastinya setelah mengunyah kurma ini bakal langsung terasa segar dan bersendawa karena efek minyak jeruknya.

Inovasi lain yang menarik adalah kurma dengan isian kacang-kacangan seperti almond dan walnut. Kacang almond yang terkenal kaya akan lemak yang bersahabat dengan jantung, dipadu dengan kurma yang kaya mineral dan vitamin. Jenis kurma yang diisi almond adalah Khidri, kurma paling populer dari Bateel, Kholas dan Sekki.

Almond yang sisipkan merupakan almond panggang dan almond yang dibalut dengan karamel. Aneka rasa manis alami buah kurma yang unik menyatu dengan renyah gurih buah almond. Teksturnya sangat enak di lidah. Paling mantap saat berbuka dinikmati dengan kopi susu atau mocha atau cokelat panas. Hmm… sempurna lezatnya!

heemmm!! Ternyata kurma juga bisa diinovasi juga yah kreatif sekali, Selamat menunaikan ibadah puasa untuk para pembaca setia ^_^.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s