Home > Artikel Bebas, Resensi > 50 megawatt (MW) Untuk Arus Air Sungai Baliem, Wamena Papua

50 megawatt (MW) Untuk Arus Air Sungai Baliem, Wamena Papua


PLTA BaliemPT PLN (Persero) siap merogoh dana Rp 3 triliun untuk membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) berkapasitas 50 megawatt (MW) dengan menggunakan arus air sungai Baliem, Wamena, Papua. Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengatakan, PLTA ini rencananya kan dibangun tahun depan. “Jadi tahun depan, PLN akan membangun PLTA Baliem. Itu untuk tahap pertama. Kapasitasnya 50 MW,” kata Dahlan.

Rencananya, pembangunan PLTA tersebut akan menghabiskan dana sebanyak Rp 3 triliun di tahun pertama. Dana tersebut akan dirogoh dari kocek internal BUMN listrik tersebut. Sedangkan, lima tahun berikutnya, pihaknya akan mencarikan investor yang berniat mendanai pembangunan tahap berikutnya. Jadi, ditargetkan di 2016-2017 PLN dapat merampungkan pembangunan PLTA Baliem tersebut. “Tahun pertama nanti dari kita dananya, sisanya dari investor, akan dicarikan,” lanjut Dahlan.

Dengan adanya PLTA ini, maka PLN berencana mematikan pemakaian pembangkit setempat yang berkapasitas 5 MW yang masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Maka itu, diharapkan dengan berdirinya pembangkit baru nanti, PLN dapat menghemat biaya operasional dari pemakaian BBM untuk pembangkit yang lama.

Semoga dengan ini bisa mengganti secara perlahan peralatan-peralatan PLN yang masih berbahan baku BBM menjadi PLTA yang lebih hemat.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s