Home > Artikel Bebas > RI Ngutang ke ADB Rp 1,7 Triliun untuk Berantas Kemiskinan

RI Ngutang ke ADB Rp 1,7 Triliun untuk Berantas Kemiskinan


utang indonesia

Utang Indonesia

Giliran ADB yang jadi sasaran utang Pemerintah Indonesia. Sangat disesalkan yah ngutang untuk memberantas kemisikinan. Padahal sudah terbukti program BLT (bantuan Langsung Tunai) beberapa tahun ini tidak berjalan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat namun malah membuat rakyat malas bekerja. Apakah masih dengan Program ini lagi ???

Pemerintah Indonesia berutang US$ 200 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun (dolar=Rp 8.500) ke Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) untuk mengurangi kemiskinan di daerah. Hal ini telah disetujui oleh Dewan Direktur ADB dengan tenor selama 15 tahun. Utang ini nantinya akan diberikan langsung kepada pemerintah daerah agar mereka membuat program pengurangan kemiskinan di daerah masing-masing.

“Sejak 2001 pemerintah Indonesia telah mendelegasikan fungsi-fungsi penting dalam pengelolaan belanja dan pendapatan negara kepada pemerintah daerah yang sekarang bertanggungjawab dalam menyediakan hampir seluruh layanan dasar,” kata Spesialis Senior Managemen Publik ADB Juan Luis Gomez dalam siaran pers, Selasa (4/10/2011).

Langkah-langkah kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat Indonesia untuk mendorong reformasi diantaranya meliputi finalisasi strategi desentralisasi fiskal secara menyeluruh, pendelegasian wewenang pengelolaan pajak kepada pemerintah daerah secara bertahap, dan upaya-upaya rintisan untuk memperkenalkan penyusunan anggaran berbasis gender.

ADB memperkirakan manfaat ekonomi secara langsung dari program ini dalam jangka menengah akan mencapai sekitar US$ 820 juta, setengahnya berasal dari perbaikan sistem manajemen keuangan pemerintah daerah.

Sedangkan sisanya berasal dari peningkatan efisiensi dalam mengumpulkan pajak properti yang pengelolaannya telah diserahkan kepada pemerintah daerah antara 2011-2014.

Luis memang mengatakan ADB bertekad mengurangi kemiskinan di kawasan Asia dan Pasifik melalui pertumbuhan ekonomi yang melibatkan semua pihak, pertumbuhan yang berwawasan lingkungan secara berkelanjutan dan integrasi regional.

Di 2010 ADB menyetujui pinjaman US$ 17,51 miliar termasuk pembiayaan bersama. Selain itu program pembiayaan perdagangan ADB memberikan bantuan sebesar US$ 2,8 miliar.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s