Home > Artikel Bebas, Artikel Kesehatan, Technoscience > Status Facebook Bisa Prediksi Tanda-Tanda Depresi

Status Facebook Bisa Prediksi Tanda-Tanda Depresi


Status Facebook

Status Facebook

Bisakah update status Facebook memberitahukan tanda depresi seseorang? Studi terbaru menyebutkan postingan emosional bisa menguak lebih dari apa yang kita pikirkan.

Di antara teman Facebook selalu ada yang ‘rajin’ memposting status galau, foto, emoticon atau link artikel yang berupaya menggambarkan emosi mereka saat itu.

Perilaku seperti ini bisa jadi adalah cara orang tersebut menarik perhatian. Tak jarang ada yang sudah sampai taraf mengganggu hingga kita sampai harus menyembunyikan update mereka dari news feed, bahkan menghapusnya dari daftar teman!

Namun menurut studi yang dilansir New York Times, dan dikutip detikINET, Sabtu (25/2/2012), berbagai postingan melodramati seperti itu bisa menguak pertanda depresi sesungguhnya.

Sebagian orang saat ini menjadikan social media seperti Facebook dan Twitter menjadi tempat untuk curhat alias mencurahkan isi hati. Dan ini umumnya terjadi pada kalangan anak muda.

Penelitian tahun lalu yang dilakukan University of Washington menyatakan 30 persen dari siswa sekolah dan mahasiwa kerap memposting status yang memperlihatkan keputusasaan, rasa tidak berharga, gejala insomnia atau malah terlalu banyak tidur serta kesulitan berkonsentrasi.

Semua ini, menurut kriteria American Psychiatric Association termasuk gejala depresi. “Anda bisa mengidentifikasi anak-anak muda maupun yang telah dewasa pengguna Facebook yang memperlihatkan tanda-tanda depresi yang sudah mulai berisiko,” kata Dr Megan A Moreno salah satu peneliti dalam studi ini.

Ketidakterbatasan internet memungkinkan fitur tertentu membantu orang-orang yang menunjukkan perilaku ini meminta bantuan konseling secara online. Sayangnya, hanya 10 persen dari mereka yang melakukannya.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s