Home > Artikel Bebas, Technoscience, Tokoh Dunia > Bill Gates Perangi Kelaparan dengan Teknologi

Bill Gates Perangi Kelaparan dengan Teknologi


Bill Gates

Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates meminta dilakukannya revolusi digital untuk mengatasi kelaparan yang masih melanda banyak penduduk dunia. Teknologi yang pesat perkembangannya dapat dimanfaatkan membantu petani meningkatkan produktivitas pangan.

“Kita harus mulai berpikir keras tentang bagaimana mengambil manfaat revolusi digital untuk mendorong inovasi, termasuk di pertanian. Jika Anda peduli pada mereka yang paling miskin, Anda tentunya peduli pula terhadap pertanian,” ucap Gates dalam pidatonya di depan lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Roma.

Gates yakin dengan bantuan teknologi, petani biasa dapat meningkatkan produksi pangan sampai dua atau tiga kali lipat. Dia memberi contoh inovasi genetis telah memungkinkan dipersingkatnya waktu mengembangkan variasi baru bibit singkong dari sepuluh tahun menjadi dua tahun saja.

Perkembangan kunci lainnya adalah penggunaan teknologi satelit untuk mendokumentasi data lahan pertanian secara akurat. Yang lain adalah pembuatan berbagai video informasi para petani untuk saling berbagi ilmu pertanian.

Sesudah melepas jabatan di Microsoft, Bill bersama istrinya Melinda kini mencurahkan diri ke bidang filantropis. Drop out Universitas Harvard ini menyumbang dana sangat besar untuk berbagai bidang kemanusiaan, termasuk USD 200 juta untuk membantu pengembangan sektor pertanian.

Advertisements
  1. May 22, 2012 at 08:07

    bill gates emank orang dermawan, nice info gan..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s